Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi

Lembar Lisan

1.      Pentingnya Etika dalam Teknologi Informasi:

Berbagai penemuan teknologi dalam sejarah perkembangan umat manusia telah mewarnai perjalanan kemajuan kehidupan, seperti penemuan mesin, mobil, telephone dan televisi. Dari semua penemuan teknologi tersebut, tidak ada satupun yang bisa menandingi penemuan teknologi komputer dan Internet dalam kecepatannya mendunia dan mempengaruhi bagaimana cara manusia melakukan kegiatan hidupnya. Manfaat besar yang bisa didapat dari kemajuan teknologi informasi, pada saat ini diwarnai dengan keraguan dan kekhawatiran banyak pihak akan penyalahgunaan kemajuan ini, yang dampaknya bisa sangat merugikan kehidupan manusia sendiri.

Etika dalam bidang teknologi informasi sangat perlu dikaji terus menerus untuk mendapatkan bentuk yang baku yang bisa diterima komunitas manusia, yang akan membantu dunia dalam memanfaatkan teknologi informasi sebaik-baiknya untuk kemudahan dan kenyamanan umat manusia dan menghindari hal-hal yang merugikan.

Etika  pada dasarnya adalah suatu cabang filosofi yang berkaitan dengan apa saja yang dipertimbangkan baik dan salah atau Persetujuan diantara seseorang untuk melakukan yang benar dan menghindari yang salah.

Perkembangan teknologi informasi dan Internet sangat pesat dan berpotensi untuk membantu mempermudah umat manusia mengarungi kehidupannya untuk mencapai keberhasilan dalam bermasyarakat. 

Manfaat maksimal atau efek negatif dari teknologi informasi sangat tergantung pada manusia yang mengoperasikan. Kesadaran setiap insan yang didasari etika yang mengedepankan kepentingan bersama dalam pemanfaatan teknologi adalah kuncinya.

Jadi dalam teknologi informasi terdapat beberapa kode etik yang hars di perhatikan,walaupun di indonesia belum ada tetapi IEEE membuat semacam kode etik bagi para karyawanya.
a.       Setiap anggota harus punya tanggung jawab atas keputusan teknikal yang di buat secara konsisten untuk keselamatan orang banyak
b.      Sebisa mungkin menghindari konflik kepentingan dan memberitahukan secepatnya ke semua pihak yang berkepentingan jika ada konflik kepentingan yang mungkin terjadi.
c.       Jujur dan realistis dalam mengerjakan apapun.
d.      Menolak suap atau sogokan ataupun sejenisnya.
e.       Selalu meningkatkan pengetahuan tentang teknologi agar selalu dapat memberi sesuatu yang baru.
f.       Meningkatkan kemampuan bedasarkan apa yang telah di pelajari.
g.      Selalu mengharapkan saran dan menerima kritik yang membangun untuk semua hasil pekerjaan dan mengakui jika ada kesalahan, serta memberikan penghargaan sepatutnya untuk orang lain yang berkontribusi.
h.      Menghargai keberagaman dengan memberikan penghargaan yang sama tanpa mempedulikan ras, agama, jenis kelamin dan kebangsaan.
i.        Menghindari perbuatan tercela, mencacat hasil karya dan reputasi orang lain.
j.        Membantu teman sejawat dalam pengembangan profesionalisme untuk memenuhi kode etik ini.

2.      Contoh perbuatan yang tidak etis dalam penerapan atau penggunaan teknologi informasi:

-contohnya membajak hak cipta orang, mengolok orang melalui internet, menyadap pembicaraan orang.

3.      Penanganan agar etika diperhatikan oleh setiap pengguna.
Agar etika diperhatikan oleh setiap pengguna Teknologi Informasi maka diperlukan peraturan-peraturan dalam bentuk Undang-Undang Teknlogi Informasi, sehingga jika ada pelanggaran terhadap etika ini akan mempunyai dampak hukum.

4.      Jenis-jenis perbuatan yang melanggar privasi, yang senantiasa dilakukan oleh beberapa perusahaan:
Beberapa perbuatan yang melanggar privasi yang biasanya dilakukan oleh perusahaan misalnya:
-          Menggunakan hasil karya orang lain tanpa seijin pemilik/pencipta.
-          Mengekspose data pribadi seseorang
-          Mencuri data orang yang mengakses ke web tertentu
-           Penyadapan data

5.      Contoh teknologi yang dapat menjaga privasi seseorang dalam dunia TI:
-          Cocoon: Jika kita ingin browsing dengan aman maka ada sebuah plugin untuk Firefox yaitu Cocoon. Cocoon menjaga privasi online kita dengan membuat kegiatan browsing menjadi aman dan bebas virus. Aplikasi ini juga menyimpan semua pengaturan yang ada di browser seperti history, bookmark, data cache di web dan kita dapat mengaksesnya dari mana pun diinginkan
-          Secure Http. (https): Sudah banyak layanan yang memakai jaringan aman ini dengan pengaktivasian yang mudah. Kita bisa mengaktifkannya di situs favorit Facebook, Twitter dan Gmail dengan sekali centang.
-          Antivirus. Antivirus berguna untuk menjaga agar data kita tidak rusak/terkena virus pada saat kita mengakses internet. Biasanya antivirus yang bagus sudah dilengkapi dengan berbagai macam kemampuan untuk menanggulangi berbagai serangan kejahatan teknologi informasi.

Komentar

Postingan Populer